Categories
Bisnis

Mengangkat Interior Nusantara Dalam Desain Kafenya Bagian 2

Pada saat saya kelas 10 SMA, suka sekali nongkrong sama teman-teman untuk nonton bareng pertandingan bola. Setelah dipikirpikir, seru juga punya kafe sendiri untuk bisa dijadikan tempat nonton bareng sekaligus nongkrong. Awalnya bingung cari lokasi kafe yang strategis. Setelah cari-cari, akhirnya, ketemu lokasi di Kedoya yang lokasinya sudah gabung dengan sport club. Jadi, saya hanya melakukan renovasi sedikit.

Mengapa Memilih Tema Indonesia?

Kalau diperhatikan, sudah banyak kafe di luar sana yang konsepnya luar negeri. Nah, saya mau buka kafe yang bertema Indonesia dengan alasan bahwa sebenarnya kebudayaan Indonesia tuh enggak kalah dengan budaya luar. Saya mau anak muda lebih melihat juga bahwa kita punya budaya yang enggak kalah dengan budaya luar. Dari kecil juga saya memiliki ketertarikan terhadap budaya Indonesia. Saya mau Indonesia lebih didengar lagi sama dunia.

Lantas, Apa Arti Dari Nama Tantular Cafe Itu Sendiri?

Kata Tantular diambil dari nama sastrawan pembuat kitab Sutasoma bernama Empu Tantular. Dalam sastra Jawa itulah istilah “Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa” atau “Berbeda-beda tapi satu tujuan, tidak ada kebenaran yang mendua,” pertama kali ditemukan. Jadi, saya pakai nama itu sekaligus untuk memperkuat kesan Indonesia-nya itu sendiri.

Apakah Kendala Yang Ditemui Saat Memulai Bisnis Kafe Ini Dan Bagaimana Menghadapinya?

Kendala sih pasti ada. Tapi kendala yang paling berarti yaitu saat menentukan menu apa yang akan disajikan di kafe ini. Kami mau menu nusantara tapi yang tidak terlalu biasa. Kalau bubur ayam mungkin sudah biasa untuk sarapan orang Indonesia, makanya saya ubah jadi bubur manado. Selain itu, menentukan harga juga. Kami maunya harganya tidak terlalu mahal. Kami diskusi dulu sama orang tua untuk menentukan itu semua.

Untuk kendala dalam pasokan listrik cadangan ketika listrik PLN sedang padam tak perlu khawatir lagi. Karena saat ini telah hadir mesin generator set atau sering juga disebut genset. Karena itulah genset sangat penting sekali untuk semua usaha terutama usaha kafe yang harus memberikan kenyamanan secara sempurna untuk para pengunjungnya. Harga genset yang murah untuk kafe bisa didapatkan melalui Distributor Jual Genset 100 Kva di Semarang. Yang selalu memberikan potongan harga yang dapat dinegosiasikan serta bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *