Categories
News

LG G3 versus Samsung Galaxy S5 – Adu Ponsel Premium Ala Korea

LG G3 versus Samsung Galaxy S5 – Adu Ponsel Premium Ala Korea

Sempat merajai arena karena meluncur duluan, Samsung Galaxy S5 kini ditempel ketat oleh LG G3. Kali ini SINYAL akan mengobok-obok dua seri premium yang pabrikannya sama-sama berasal dari Korea tersebut. Desain Lihat dulu tampangnya, baru lihat otaknya. Meski sama-sama berbahan plastik, cover Samsung menampilkan kesan mirip kulit, sementara cover LG mirip logam. Mana yang lebih keren Sepertinya harus dipulangkan ke selera masing-masing.

Sumber : Gigapurbalingga

Seperti pendahulunya, G3 tampil unik dengan Rear Key-nya. Fungsi tombol ini bisa disetel sesuai kebiasaan kita. Ngomong-ngomong, sensor sidik jari milik Galaxy S5 ternyata juga berada di belakang, kira-kira setara dengan lokasi Rear-key. Kalau termasuk ceroboh, bisa jadi lebih tertarik dengan Galaxy S5 yang anti-debu dan anti-air. Meski diklaim baik-baik saja jika tenggelam di air sampai kedalaman 1 meter selama 30 menit, sebaiknya tak membiarkan Galaxy S5 main di pantai, apalagi terendam lumpur. Di atas kertas, Galaxy S5 lebih kompak dan lebih ringan. Namun menenteng keduanya berdampingan, bisa jadi perbedaan itu tak dianggap signifikan.

Layar G3 sendiri lebih luas 5,5 inch vs 5,1 inch; dengan resolusi lebih tinggi 1440p vs 1080p. Nah, layar quad-HD milik G3 diklaim mampu hadirkan warna lebih alami berkat kerapatan pixel lebih tinggi, menandingi full HD yang dipakai Galaxy S5. Namun di mata kami rasanya kontras layar Galaxy S5 kok malah lebih nendang, dan lebih nyaman dilihat di bawah silau siang. Keduanya dukung 10 titik sentuh, dengan sensitivitas layar sangat mulus. Dan sama-sama punya pengaturan otomatis untuk brightness. LG membekal Smart screen dan Screen-off eff ect untuk G3, sementara Samsung punya Finger Scanner untuk Galaxy S5.

Kinerja Galaxy S5 maupun G3 menawarkan banyak modifikasi fitur dan cara pengoperasian. Pada Galaxy S5 ada Multi Window, Notification panel, Toolbox, dan One-handed operation. Sedangkan G3 punya Smart Notice, Quick Circle, Dual window, dan Smart Keyboard. Selain Finger Scanner, Galaxy S5 punya Private mode dan Blocking mode. G3 membatasi akses ke account dengan Guest mode yang bisa dikunci dengan KnockCode. Galaxy S5 andalkan TouchWiz UI.

Jendela pertamanya dibajak untuk My Magazine. Pada tiga jendela berikutnya tersebar widget S Health, Galaxy Essentials, Galaxy Gifts, dan pintasan Kids Mode. G3 pakai Graphic UI. Jendela pertamanya di-default untuk LG Health dan Smart Tips. Widget Smart Notice, dan menyebar dalam dua jendela selebihnya. Di jajaran menu, tampak aplikasi khas LG seperti Quick Remote, Quick Memo+, Remote Call Service, dan SmartWorld.

Dari pihak ketiga terlihat McAfee Security, Opera Mini, dan ThinkFree Viewer. Samsung punya S Planner, Samsung Apps, ChatON, S Health, S Voice, sampai Smart Remote. Dari pihak ketiga ada Dropbox, Flipboard, Galaxy Gift Indonesia, sampai Line. Keduanya berbasis Android 4.4.2 KitKat. Maka pertarungan spesifikasi hardware-nya sangat kompetitif. Sama-sama gunakan Snapdragon 801, G3 pakai chipset MSM8975AC yang lebih baru dibanding Galaxy S5 dengan chipset msm8974ac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *